Sabtu, 31 Mei 2008

BAGAIMANA MEMBUAT LAMARAN PEKERJAAN

Tujuan Membuat Surat Lamaran

Memperkenalkan diri secara tertulis dengan tujuan untuk memperoleh jawaban dapat

mengikuti tes seleksi.

Bagaimana Membuatnya

Usahakan surat lamaran memberikan kesan positif dan meyakinkan bahwa Anda layak

diperhitungkan. Buatlah lamaran dan CV yang mampu membuat HRD terkesan. Jangan

hanya format standar.

Tips Membuat Surat Lamaran

1. Tampilan surat: Bersih, rapi, singkat dan jelas.

- Surat diketik rapi

- Cetak dengan tinta yang jelas

- Kertas surat ukuran A4 atau Folio

- Cukup satu halaman

2. Isi Surat:

- Bahasa surat disesuaikan dengan: bahasa iklan lowongan kerjanya, apakah

perusahaan asing/patungan/nasional, adakah syarat berbahasa inggris aktif.

- Gaya bahasa, formal, singkat, padat dan jelas, tidak bertele-tele.

- Inti isi surat: Identitas diri (nama, alamat, telpon, tgl lahir, pendidikan) dan

Kualifikasi (kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan syarat di iklan

serta kemamuan pendukung lain yang relevan)

3. Lampiran

- Pas foto terbaru, berwarna, ukuran 3x4 atau 4x6 satu buah.

Foto saat menggunakan pakaian formal berkerah, jangan kaos/blus

- Daftar Riwayat Hidup, buat sendiri, jangan menggunakan formulir yang dijual

umum di toko.

- Fotokopi ijasah.

- Fotokopi transkrip nilai

- Fotokopi sertifikat pendukung

- Fotokopi KTP, kesehatan, dll (sesuai permintaan)

Kesalahan Fatal Dalam Membuat Surat Lamaran

Kesalahan fatal yang sering dilakukan pelamar adalah mencantumkan 2 posisi sekaligus

dalam sebuah surat lamaran. Seperti:

“…saya mengajukan lamaran untuk posisi Web Design atau Programmer di perusahaan

Bapak…”

Jangan pernah lakukan itu atau Anda tidak akan masuk seleksi!

Tidak ada komentar: