Proses mencari pekerjaan adalah masa paling mendebarkan sekaligus melelahkan. Banyak
tenaga, waktu dan biaya yang terbuang saat melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan.
Tapi keadaan ini dapat berubah dengan adanya e-mail sebagai salah satu alternatif cara
mengirimkan
Cara ini relative lebih hemat tenaga, waktu dan biaya serta lebih cepat sampai di tangan
perusahaan yang dimaksud.
mengirimkan lamaran kerja melalui e-mail:
a.
menggunakan kotak pesan yang tersedia. Akan terlihat lebih profesional bila Anda
mengirimkan resume melalui attachement atau dalam format file PDF. Kecuali bila
perusahaan yang dituju menginginkan cara biasa menggunakan kotak e-mail yang
tersedia.
b. Tulislah bidang pekerjaan atau kode pekerjaan (bila ada) yang Anda inginkan di
subyek e-mail.
c. Sebaiknya bagian pengantar
Sedangkan bagian curriculum vitae berikut ijazah dan sertifikat dapat Anda lampirkan
dalam bentuk attachement.
Tulislah semenarik mungkin bagian pengantar ini, agar
bagian penerima lamaran tertarik untuk mengetahui Anda lebih lanjut dengan
membuka attachement yang telah dikirim.
d. Seperti halnya
pengantar tidak perlu panjang. Cukup menjelaskan kecocokan kualifikasi Anda secara
umum dengan pekerjaan yang diinginkan.
e. Sebaiknya ijazah dan sertifikat Anda telah di scan terlebih dahulu agar dapat
diikutsertakan dalam
menjadi salah satu nilai plus sehingga panggilan kerja pun lebih cepat datang.
f. Sebelum mengirimkan
percobaan dengan mengirimkan
memiliki tipe e-mail berbeda. Hal ini untuk mengetahui apakah e-mail yang Anda kirim
akan terlihat sama di tangan penerima. Periksalah bila terjadi perbedaan dengan draft
e-mail yang Anda miliki. Bila tidak terjdai perbedaan, silahkan teruskan ke alamat e-
mail perusahaan yang dimaksud.
Pada umumnya format penulisan curriculum vitae menggunakan banyak fitur huruf seperti
tanda strip, huruf italic, atau bold
perusahaan penerima. Untuk itu, Anda dapat menyimpan file ke dalam bentuk ASCII, Text
Only, DOS Text, atau HTML.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar